Top Ad unit 728 × 90

PENGUMUMAN

PENGUMUMAN

UPBJJ UT Jember Menggandeng Pondok Pesantren

UPBJJ UT Jember Memperluas Jaringan  
Dengan Menggandeng Pondok Pesantren

“UT sebagai perguruan tinggi milik pemerintah yang mengemban amanah menyediakan fasilitas pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sampai ke pelosok.”

Sosialisasi UPBJJ UT JEMBER di PONPES Syekh Abdul Qodir Al Jailani


Kembangkan dan luaskan jaringan sebanyak-banyaknya merupakan upaya yang terus dilakukan oleh Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Jember termasuk ke jajaran yayasan berbasis pondok pesantren (ponpes). Sesuai dengan salah satu tujuan Universitas Terbuka yakni mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak di kembangkan oleh perguruan tinggi lain. Pengembangan program berbasis ponpes ini bertujuan untuk mengubah persepsi bahwa santri identik hanya pada penguasaan ilmu saja. Melalui UT, para santri dapat belajar ilmu agama dan ilmu umum secara beriringan. Bersama UT para santri tetap dapat memperdalam Al-Qur’an dan dapat menyeimbangkan diri serta mensinergikan antara ilmu dunia dan ilmu akhirat. Kini UPBJJ UT Jember menjalin kemitraan dengan beberapa ponpes yakni Ponpes. Al- Qurthuby, Pujer, Kabupaten Bondowoso, Ponpes Syekh Abdul Qodir Al Jailani (Ponpes SAQA) Rangkang, Kraksaan, Probolinggo, Ponpes Husnul Ri’ayah di Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo yang diresmikan pada hari Sabtu, 30 Mei 2015, dan Yayasan Islam Nahdhotul Tholaba (YASINAT) yang berada di Dusun Kesilir, Wuluhan, Jember yang diresmikan pada hari kamis 16 April 2015.

UPBJJ UT Jember berupaya untuk mewujutkan impian misi UT sebagai perguruan tinggi milik pemerintah yang mengemban amanah menyediakan fasilitas pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sampai ke pelosok. Melalui kemudahan akses pendidikan dari berbagai penjuru tanah air, Universitas yang memiliki identitas warna biru,kuning, dan abu-abu ini berkomitmen untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga UT dapat memagari bangsa dari pengaruh negatif budaya asing. 

Salah satu pondok pesantren yang berkerjasama dengan UPBJJ UT Jember yakni Pondok Pesantren Syekh Abdul Qodir Al Jailani atau yang lebih familiar disebut PONPES  SAQA. SAQA  adalah pondok pesantren yang berada di desa Rangkang kota Kraksaan kabupaten Probolingo jawa timur, dibawah asuhan K.H. Hafidz Aminuddin. Msi, beliau selaku pengasuh ponpes SAQA (Syekh Abdul Qodir Al Jailani ) ingin sekali mengembangkan dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan pondok pesantren sehingga para santri yang telah lulus dari pesantren bisa melanjutkan pendidikannya keperguruan tinggi , dengan dasar inilah beliau berinisiative untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi karena besarnya harapan beliau untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu para santriwan dan santriwati, hal tersebut disambut hangat oleh Dr. suparti M.Pd selaku Kepala UPBJJ UT Jember.
Kiri: Tim Audit Jakarta, K.H. Hafidz Aminuddin. Msi, Nyai Hj.Badi’atus sholihah Hafidz

Dengan rahmat dan hidayah Allah Akhirnya Pada tahun 2000 di sahkanlah kerja sama antara Pondok Syekh Abdul Qodir Al Jailani dengan Universitas Terbuka UPBJJ Jember,  MOU ini di tandatangi oleh Nyai Hj.Badi’atus sholihah Hafidz selaku perwakilan dari pondok pesantren Syekh Abdul Qodir Al Jailani dan Kepala UPBJJ UT jember yakni Dr. Hj. Supati.MPd.
Ada banyak prestasi yang di dapatkan oleh POKJAR ( kelompok belajar ) SAQA untuk  jalur pendidikan pendas dan non pendas 
1. Mendapatkan penghargaan dari UPBJJ jember sebagai POKJAR terbaik 
2. ada 7 (tujuh) mahasiswa ekonomi pembangunan yang mendapatkan nilai IP 4.00 selama dua semester  dan 1 (satu) mahasiswa administrasi negara pada semester ganjil ( III). 
3.  juara 1 lomba MC pada acara dies natilies UT yang ke 30
4. Juara 2 lomba Futsall pada acara dies natilies UT yang ke 30
5. Juara 3 lomba cerdas cermat pada acara dies natilies UT yang ke 30

Kepala UPBJJ UT jember Dr. Hj. Supati.MPd memberikan penghargaan


Dengan ditanda tanganinya MOU antara UPBJJ jember dan pondok pesantren Syekh Abdul Qodir Al Jailani mimpi dan juga ke inginan dari pengasuh pondok pesantren Syekh Abdul Qodir Al Jailani terwujud semoga kerja sama ini tetap berjalan baik dan mendapatkan ridho dari allah .

Kegiatan mengaji

Berdoa Bersama Istighosah

Hadroh Mahasiswa UT


Dengan pendidikan pondok, mahasiswa dibekali ilmu agama, mengaji,berpuasa sunnah, bermain hadrah dan kegiatan lain sebagai pengisi waktu mahasiswa. Disinilah nilai lebih dari mahasiswa UPBJJ UT Jember POKJAR SAQA. Sesuai dengan tema Dies Natalis UT ke 31 yang bertajuk “UT Membangun Pagar Bangsa”. Kerjasama 2 Intitusi ini adalah bentuk kerja nyata bahwa “UT Membangun Pagar Bangsa” dari negatifnya globalisasi dan budaya asing dengan dibekalinya ilmu agama.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

[post_ad]
UPBJJ UT Jember Menggandeng Pondok Pesantren Reviewed by Unknown on 17.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Ning Azizah | Catatan Hidup © 2014 - 2015
Powered By Blogger,

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.